Sabtu, 03 Juli 2010

Memburu Bakteri 'Jahat' di Dalam Rumah

Bakteri 'jahat' bersembunyi di berbagai tempat tak terduga di dalam rumah. Meski rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi, bukan berarti bebas kuman penyakit.

Tanpa sengaja, kebiasaan sehari-hari mempercepat penyebaran kuman di dalam rumah. Berikut beberapa tempat bakteri dan kuman penyakit berkumpul dan mengintai kesehatan keluarga.

Wastafel dapur
Meskipun sebagian besar orang menyucihamakan toilet secara teratur, wastafel dapur terkadang luput dari perhatian. Sisa-sisa makanan tiap hari terjebak di wastafel dan dengan cepat berkembang biak di seluruh permukaan wastafel. Jenis bakteri yang paling banyak ditemukan antaralain bakteri E. coli dan salmonella yang menyebabkan gangguan perut.

Untuk menjaga kebersihan tempat mencuci piring, bersihkan seluruh permukaan wastafel dapur dengan cairan pemutih dan air. Jangan lupa membersihkan salurannya. Berhati-hatilah agar jangan sampai buah-buahan dan sayuran yang dicuci menyentuh wastafel sebelum memakannya.

Remote Control
Remote control adalah benda yang paling sering disentuh hampir semua orang di rumah. Tak jarang, orang bersin dan batuk sambil memegang remote. Remote seringkali ditemukan terselip di antara bantal sofa atau terjatuh di lantai. Hasilnya, berbagai virus termasuk virus penyebab flu mendiami remote control.

Gunakan cairan pemutih atau alkohol untuk mengelap remote secara teratur dan cucilah tangan sebelum memegangnya. Jika sedang bepergian, gunakan penutup tambahan saat menggunakan remote control hotel.

Saklar dan Benda Sentuh
Segala hal yang sering disentuh adalah zona kuman. Cuci hamakan semua tombol-tombol dan saklar lampu serta semua pegangan seperti pintu, laci, lemari, mikrowave, oven, hingga keran air toilet.

Bersihkan juga permukaan gagang telepon rumah dan telepon seluler secara teratur dengan beberapa tetes alkohol, karena mulut secara langsung melakukan kontak dengan benda-benda ini.

Sumber :
Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila
http://kosmo.vivanews.com/news/read/137184-memburu_bakteri__jahat__di_dalam_rumah
18 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar